Pantai Tanjung Kelayang

May 22, 2017

Tanjung Kelayang merupakan satu kawasan wisata di Belitung yang memiliki pantai yang cukup indah. Tak salah bila pemerintah melalui Kementerian Pariwisata menetapkan kawasan ini sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis pariwisata.

Pemandangan pantai Tanjung Kelayang memanglah memesona. Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah birunya air laut, yang sangat jernih pula. Pasir di sepanjang Pantai Tanjung Kelayang tampak putih berseri, halus bagai tepung terigu.


Masih belum cukup? anda bisa juga menikmati hiasan alam berupa puluhan batuan granit raksasa yang tertancap sempurna di Pantai Tanjung Kelayang. Bahkan, susunan batuan granit ini ada yang jika dilihat secara seksama bentuknya mirip dengan Kepala Burung Garuda.

Batu menyerupai kepala Burung Garuda

Begitu sampai dan memijakan kaki di Pantai Tanjung Kelayang, anda akan disambut dengan tulisan 'Welcome To Belitong' berukuran raksasa dan berwarna merah terang. Tulisan itu lah yang sering dicari wisatawan untuk digunakan sebagai latar belakang foto selfie mereka, sebagai tanda bahwa mereka sudah pernah liburan ke Belitung, terutama di Pantai Tanjung Kelayang.

Beberapa kali Pantai Tanjung Kelayang mendapat sorotan dan perhatian publik, yaitu saat menjadi lokasi syuting Film Laskar Pelangi. Tentu anda akrab dengan pemandangan cantik pantai ini. Kemudian, pantai ini juga dijadikan lokasi perhelatan Sail Wakatobi Belitong pada tahun 2011 silam.


Anda dapat menikmati Pantai Tanjung Kelayang dengan berjalan kaki dari ujung ke ujung. Pantainya yang berpasir putih sangat enak untuk berjalan. Bentuknya yang memanjang, memungkinkan anda dapat menikmatinya secara utuh.

Anda dapat juga bermain air, sambil berenang melihat ikan-ikan karena airnya sangat jernih. Di bagian ujung pantai, pemandangan juga tak kalah menakjubkan. Ada jembatan yang sengaja dibangun untuk para pengunjung supaya leluasa menikmati keindahan Pantai Tanjung Kelayang.


Dari jembatan itulah, setidaknya dari jarak yang lumayan dekat, kita bisa menyaksikan bebatuan yang berbentuk kepala burung garuda. Di samping itu, dari jembatan ini kita juga bisa memancing, seraya melihat ikan-ikan yang berkeliaran dibawah air laut yang jernih.

Menjelajahi Pantai Tanjung Kelayang, traveler dijamin akan mabuk kepayang dengan kecantikannya yang tidak bisa ditemukan di daerah lain di Indonesia. Apalagi saat momen matahari tenggelam alias sunset, berlatar kapal-kapal nelayan sang surya tenggelam dengan indahnya. Sempurna!